Pilih bahasa yang di inginkan:- BAHASA MELAYU

Monday, May 15, 2017

Perhimpunan Agung Zuriat Dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga

Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga dikukuhkan oleh Sekretarias Direktur Jenderal (Dirjen) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kementerian Dalam Negeri, Abdul Rahman diBalai Adat Indera Perkasa, Pulau Penyengat, Tanjung Pinang, Sabtu (12/5).

Pengukuhan tersebut disejalankan dengan perlantikan YM Tengku Husin Bcs Ibni Tengku Saleh sebagai Paduka Yang Dipertuan Besar (YDB) dan YM H Raja Izharudin Ibni Raja Ismail sebagai Yang Dipertuan Muda (YDM)  yang dilantik oleh Maha Mulia Yang Dipertua H Raja Abdul Aziz. 

Pemerintah pusat menyatakan dukungan dan siap mendorong Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga agar dapat tumbuh dan berkembang untuk mengembangkan budaya Melayu serta mampu mendorong peningkatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Kepri khususnya.

Gambar Depan Dari Kiri: Gubernur Kepri- Bapak H Muhammad Sani, Ketua Lembaga Adat Melayu Kepri- Bapak H Abdul Razak dan Yang DiPertua Perhimpunan Agung Zuriat Dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga- Bapak H Raja Abdul Aziz.

Sekretarias Dirjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri, Abdul Rahman usai pengukukan menyampaikan, Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga merupakan aset nasional yang harus dikembangkan. Budaya Melayu sendiri merupakan salah satu budaya yang penuh dengan estetika dan nilai sejarah yang tinggi dan sarat dengan nilai nilai norma keagamaan serta telah dikenal masyarakat Indonesia sejak dulu kala.

"Sejarah Melayu Kepri penuh dengan nilai sejarah yang tinggi. Hal ini perlu didukung dan dikembangkan untuk kemajuan pembangunan serta dapat mensejahterakan  masyarakat Kepri pada umum nya dan mampu mempertahankan dan memperkenalkan budaya lokal dimata dunia" kata Abdul Rahman.   

Gurbernur Kepri, HM Sani menaruh harapan agar Zuriat Kerabat dan masyarakat Melayu Kepri dapat memelihara, mempertahankan, membina dan mengembangkan adat istiadat dan budaya Melayu Kepri. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri siap mendorong Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga agar dapat maju guna mensejahterakan kehidupan masyarakat Kepri kedepan.

Antara Tokoh Tokoh Masyarakat Yang Hadir Ialah Ketua Rumpun Melayu Bersatu (RMB)- Datok Besar H Said Robert (duduk disebelah kiri depan, berbaju warna merah pulasan)

Datok Besar H Said Robert selaku Ketua Rumpun Melayu Bersatu (RMB) Kepri juga menegaskan, ormas RMB siap mendukung Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga serta tunduk dan taat dibawah Perhimpunan yang telah dikukuhkan tersebut.

"YM Tengku Husin telah dilantik sebagai Paduka Yang Dipertuan Besar dan YM H Raja Izharudin dilantik sebagai Paduka Yang Dipertuan Muda. Maka dari itu, RMB siap mendukung dan tunduk taat terhadap Perhimpunan Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga kedepan" tegas Robert.


Nampak hadir, Brigjen Raja Erizman dan PR Zuriat dan Kerabat dari dalam maupun luar negeri, utusan dari tujuh temenggung. Sesuai intruksi pemerintah pusat, Perhimpunan Agung Zuriat Kerabat Kerajaan Riau Lingga diminta untuk mendaftar di pusat dan dalam waktu dekat segera bergabung bersama Forum Silaturahmi Keraton Kerajaan Nusantara (FSKN).

Pada pengukuhan itu juga dilaksanakan Rusydiyah kelab yang dipimpin oleh YAB Abdul Malik MPD dibantu 20 orang para ahli dibidang masing masing. Selain YM Tengku Husin Bsc sebagai Paduka Yang Dipertuan Besar (YDB) dan YM H Raja Izharudin sebagai Paduka Yang Dipertuan Muda (YDM), juga dilantik Halal Wahli Al Waqdi YAB Raja Mansur Ibni Raja Abdul Razak, Perdana Dalam YAB Raja Imran Hanafie Ibni Raja Idris, Bendahara Datin Raja Syamsinar Raja Raja M Yusuf, Panglima Besar Datok Kaye Encek Ibnu Khaldun Ibni Encek Achmad Tara.

Sementara itu, Haris Ibni Said Yacoeb Al Qudzi dilantik sebagai Panglima Muda/Menteri Pemuda dan Belia Habeb dan dibantu 20 Menteri, 7 Temenggung, 313 Panglima Hulu Balang dan 1845 Baten. 

Yang Dipertuan Besar (YDB)- Tengku Husin (berbaju kuning) dan Yang Dipertuan Muda (YDM)- Raja Izharudin (berbaju hitam) bergambar bersama para tetamu undangan termasuk dari Singapura

Yang Dipertuan Muda (YDM)- Raja Izharudin (berbaju hitam) bergambar bersama anggota Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga, yang diantaranya ialah Ketua Rusyidah Kelab- YAB Abdul Malik (nombor 2 dari kiri) serta tetamu undangan dari Singapura- Raja M Khalid (nombor 3 dari kanan) dan Ismail Salleh (disebelah kanan sekali).

 Ratusan masyarakat Melayu Kepri bersama tokoh Masyarakat serta unsur Muspida diseluruh Kepri turut hadir pada acara pengukuhan tersebut. Panitia Perlantikan Zuriat Said Harris Yacoeb mengucapkan ribuan terimakasih buat dukungan dan atensi seluruh masyarakat Kepri dimana acara dapat berlangsung tertib dan meriah. 

"Buat Pak Dirjen Kasbang Pol Kementerian Dalam Negeri Letjen Andi Tanribali Lamo yang mewakili, Gurbernur Kepri Muhammad Sani, WaliKota Tanjung Pinang Suryatati, WaliKota Bintan Ansar Ahmad dan perwakilan kerajaan dari Malaysia mulai dari Johor, Terengganu, Melaka dan daerah lainnya saya ucapkan terima kasih sebesar besarnya atas kehadiran dan dukungannya", tambah Said.   

Sumber berita dari Haluan Kepri 14 Mei 2012, Isnin




Zuriat Dari Kerajaan Riau Lingga yang tinggal di Kepulauan Riau- Raja Abdul Rahman (berbaju hitam) dan Singapura- Raja M Khalid (Berbaju putih) bergambar pada acara Pengukuhan Perhimpunan Agung Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau Lingga.



 

1 comment:

  1. saya cucu kepada arwah saliah anak ke 6 arwah haji tahir b haji mahumad

    ReplyDelete